×

Apa Itu SSH (Secure Shell) ?

Share this article with your friends

SSH (Secure Shell) merupakan salah satu protokol jaringan yang berfungsi sebagai jalur pertukaran data secara aman yang menggunakan kriptografi (penyandian data) dengan menggunakan jaringan publik seperti internet sebagai media untuk saling terhubung.SSH banyak digunakan pada sistem operasi Linux dan Unix.Sebenarnya SSH dirancang untuk menggantikan Telnet dan shell remote yang tak aman lainnya.Yang membedakannya dengan shell remote yang lainnya adalah pada bagian enkripsi data yang di kirim / diterima lebih aman dan terjaga kerahasiaannya karna menggunakan sistem kriptografi.Kriptografi merupakan salah satu teknik atau ilmu mengamankan (menyandikan) suatu data atau informasi menggunakan algoritma tertentu,seperti algoritma matematika.

aas3

Sejarah singkat

Pada tahun 1995, Tatu Ylönen, seorang peneliti di Helsinki University of Technology, Finlandia, merancang versi pertama protokol (sekarang disebut SSH-1) karena didorong oleh peristiwa serangan pembongkaran sandi di jaringan universitas. Tujuan dari pembuatan SSH adalah untuk menggantikan fungsi rlogin, TELNET, dan rsh protokol, yang tidak memberikan otentikasi kuat atau menjamin kerahasiaan. Ylönen merilis SSH sebagai freeware pada bulan Juli 1995, dan tool tersebut berkembang dengan cepat untuk mendapatkan popularitas. Menjelang akhir 1995, basis pengguna SSH telah tumbuh hingga 20.000 pengguna di lima puluh negara.

Contoh Penggunaan SSH

- Mengirimkan data /file menggunakan protokol FTP

-Meremote sebuah server dari jauh (mengakses komputer dari jarak jauh)

-Melakukan pengamanan saat penjelajahan (browsing) dengan proxy SSH yang telah ditetapkan

Cara Kerja SSH

Client melakukan permintaan koneksi ke server SSH menggunakan port SSH (22) dan meminta untuk membuat saluran/sambungan aman.Kemudian ke dua menyetujui untuk menggunakan versi SSH dan jenis enkripsi yang sama untuk melakukan komunikasi menggunakan public key dan private key yang di miliki masing masing host (terjadi pertukaran key).Selanjutnya client melakukan Enkripsi Host Key dengan Public Key Server kemudian dikirimkan ke Server dan Server melakukan Decrypt dengan menggunakan Private Key yang dimiliki oleh Server hal yang sama juga di lakukan oleh Server. Hal ini dilakukan untuk proses otentikasi bahwa memang benar peer pasangannya lah yang hanya bisa melakukan proses pengaman informasi dengan SSH.

Aplikasi Untuk Melakukan Remote SSH 

Saat ini,salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan remote ke SSH Server yaitu Bitvise,SSH Tunnel,OpenSSH,Putty.Beberapa aplikasi yang saya sebutkan tadi sangat terkenal dan banyak digunakan untuk melakukan remote ke SSH karna sudah berbasis GUI.

0 Response to "Apa Itu SSH (Secure Shell) ?"

Post a Comment