×

Cara Memaksimalkan Kinerja Perangkat Android

Share this article with your friends
Sejak kemunculannya hingga sekarang,Android memang benar benar menjadi pilihan para pengguna gadget smartphone di seluruh dunia.Fitur-fiturnya yang dianggap cukup lengkap dan mudah dipahami atau digunakan oleh orang awam sekalipun.Hingga saat ini ,untuk memiliki perangkat berflatform Android sangat mudah dan harganya cukup murah.Di pasaran ,terutama di Indonesia,harga sebuah perangkat smartphone Android berkisar 500 ribu hingga 1 juta rupiah untuk kelas low-end.

Boost-your-android-performance-1

Setiap pengguna perangkat Android,tentu sangat ingin jika perangkat Android yang mereka miliki tersebut bekerja secara optimal,misalnya tidak lemot saat di pakai,tidak cepat lowbat ataupun cepat panas.Untuk memaksimalkan kinerja perangkat Android tersebut,ada beberapa hal yang harus diperhatikan ataupun dilakukan.
Baca : 10 Aplikasi Android Keren Setelah Root
1.Jangan Sembarang Menginstall Game / Aplikasi
     Saat ini,aplikasi dan game menjadi salah satu pangsa pasar yang sangat menjanjikan,tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri para pelaku cyber crime (kejahatan dunia maya) untuk mencuri kesempatannya.Jangan sampai anda tergiur dengan icon ataupun iklan dari aplikasi yang membahayakan tersebut.
image
2.Hapus /Nonaktifkan Aplikasi Yang Jarang Atau Tidak Diperlukan
       Jika anda menginstall  sebuah aplikasi dan walaupun anda tidak sedang menggunakan aplikasi tersebut,sebenarnya aplikasi tersebut telah memakai beberapa resource dari memori RAM parangkat anda.Jadi sebaiknya jika terdapat aplikasi yang menurut anda aplikasi tersebut jarang ataupun sama sekali tidak digunakan,sebaiknya anda menghapus ataupun menonaktifkan aplikasi tersebut.Jika anda tidak ingin menghapus aplikasi tersebut,anda bisa menonkatifkannnya /mendisable nya untuk sementara waktu menggunakan AppQuarantine.
3.Matikan Panel Kontrol Yang Tidak Digunakan
  Salah satu faktor penyebab borosnya perangkat Android,biasanya yaitu penggunak tidak menyadari bahwa ada beberapa panel kendali yang sedah Aktif walaupun tidak sedang digunakan,seperti GPS,WiFi,Tethering Hotspot,Bluetooth dll.
Screenshot_2014-05-26-15-58-23
4.Gunakan Fungsi Exit Sebelum Menutup Aplikasi
    Walaupun anda menutup aplikasi secara langsung,misalnya menekan tombol home ,aplikasi tersebut akan berjalan sebagai background app.Jadi usahankan gunakan fungsi exit yang terdapat pada setiap aplikasi untuk keluar dari aplikasi tersebut.
image
5.Hindari Menggunakan Wallpaper /Background Animation
      Hindari penggunaan wallper background yang bergerak berupa animation,karna ini akan menggunakan resource memori yang lebih dibanding background biasa.
Shake-It_Homescreen-1
Selain tips di atas,anda bisa melakukan root pada perangkat Android anda,sebab beberapa aplikasi yang dapat memaksimalkan perangkat Android,membutuhkan akses ke root.

0 Response to "Cara Memaksimalkan Kinerja Perangkat Android"

Post a Comment