×

Cara Mengatasi Bootloop/Stuck Di Boot Logo Pada Android

Share this article with your friends

Cara Mengatasi Bootloop/Stuck Di Boot Logo Pada Android—Jika seorang yang hobi mengoprek/memodifikasi sistem Android,mungkin sudah mengenal dan biasa mengalami keadaan Bootloop.Untuk yang belum tahu mengenai apa yang di maksud dengan Bootloop?.Bootloop merupakan suatu keadaan di mana perangkat Android tidak dapat melakukan starting ataupun masuk ke menu/tampilan utama android,sehingga yang terlihat hanyalah logo model/merk perangkat Android,ataupun blackscreen.

image

Penyebab terjadinya Bootloop bermacam-macam,seperti kesalahan pada saat melakukan Rooting,menginstall custom ROM,merubah tampilan UI(User Interface) ,memasang aplikasi yang tidak sesuai /tidak di dukung oleh perangkat Android,dan penyebab lainnya.

Sebelum mengatasi permasalahan Bootloop pada Android,alangkah bagusnya anda mengetahui terlebih dahulu jenis jenis Bootloop  yang biasa terjadi pada Perangkat Android.

Light Bootloop/Bootloop Ringan

Yaitu Bootloop yang sering  terjadi pada Android yang di sebabkan oleh permasalahan cache  memori/ataupun menginstall aplikasi tertentu yang sebenarnya tidak kompetibel dengan perangkat Android.Bootloop seperti ini hanya bersifat sementara,munculnya kadang –kadang,dan cara mengatasinya yaitu dengan melepaskan baterai dari perangkat,kemudian memasang dan menghidupkannya lagi.

Medium Bootloop/Bootloop Menengah

Medium Bootloop atau Bootloop menengah biasanya terjadi akibat adanya kesalahan dalam melakukan tweaking seperti kesalahan proses rooting,kesalahan dalam memodifikasi aplikasi sytem Android,mengganti Bootanimation ,font dll.

Adapun cara mengatasi Medium Bootloop yaitu dengan melakukan Factory Reset /Wipe Cache ataupun melakukan Restore (bila sudah membackup Android sebelumnya) melalui CWM Recovery.Cara untuk mengakses CWM Recovery berbeda beda,misalnya samsung menggunakan tombol power+volume atas+home untuk masuk ke CWM Recovery.

cwm5

Hard Bootloop/Bootloop Tingkat Tinggi

Bootloop yang terjadi karna kesalahan yang sudah sangat fatal seperti menghapus aplikasi system android seperti UI dan Launcher,ataupun hilangnya aplikasi system Android ,ataupun mengganti kernel Android.Untuk mengatasi hal ini,bisanya dengan cara menginstall ulang /melakukan flashing pada perangkat Android dengan firmware/stockrom original sesuai model/vendor perangkat Android.

Demikian postingan saya kali ini tentang Cara Mengatasi Bootloop/Stuck Di Boot Logo Pada Android,semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Mengatasi Bootloop/Stuck Di Boot Logo Pada Android"

  1. terima kasih,
    atas informasinya akan saya coba ini sangat berguna untuk saya karena ponsel android saya mengalami masalah yaitu; bootloop

    ReplyDelete