×

Cara Mengatasi “BOOTMGR is Missing” Di Windows

Share this article with your friends

Cara Mengatasi “BOOTMGR is Missing” Di Windows--Pernahkah anda mengalami suatu ketika anda hendak menyalakan komputer/laptop,pada saat anda menyalakannnya,muncul blackscreen berisi pesan ‘BOOTMGR is missing,Press Ctrl+Alt to restart’ ,anda menekan tombol yang diperintahkan yaitu merestart kembali,namun tetap kembali blackscreen sebelumnya?.Ada banyak kemungkinan penyebab munculnya kesalahan atau pesan error tersebut,salah satunya yaitu kondisi harddisk yang sudah tidak terlalu optimal,file system /OS  rusak,dan juga kondisi kabel sata yang menghubungkan harddisk ke motherboard bermasalah.Namun yang menjadi penyebab masalah tersebut  pada umumnya adalah kerusakan pada file system/OS.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani atau menyelesaikan masalah tersebut.Anda dapat mencoba dan melakukannya sendiri dirumah tanpa harus mengurangi uang saku anda dengan membawanya ke tempat service.

Periksa Kabel Sata Harddisk


Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu membongkar PC/Laptop dan memeriksa kabel sata yang menghubungkan harddisk dengan motherboard,kemudian periksa apakah kabel sudah tertancap dengan benar dan cek kondisi kabel apakah masih bagus.Jika anda merasa yakin bahwa semuanya berfungsi dengan normal anda bisa mencoba menyalakan kembali PC/laptop anda,jika tidak ada perubahan ,coba memakai cara ke 2 di bawah.

Menggunakan Fitur Windows Repair Environtment Pada Windows


Untuk melakukan cara ini,anda harus menyediakan sebuah CD/DVD instalasi Windows 7/8 atau jika tidak ada,anda bisa menggunakan flashdisk dan membuat bootable instalasi Windows tersebut ke flashdisk .

Cara Pertama :


1.Masukkan CD/DVD ke DVD Room ataupun flashdisk yang sudah dijadikan bootable Windows sebelumnya.

2.Restart PC/laptop kemudian tekan tombol Delete atau F2 pada keyboard ,untuk masuk ke BIOS kemudian set First Boot Device ke CD Room atau USB flashdisk,kemudian simpan dan restart.

3.Pada saat masuk ke awal menu instalasi Windows,pilih Repair your computer,kemudian klik Next

4.Pilih Startup Repair,kemudian system akan otomatis mengecek dan memperbaiki masalah di bagian startup.

Cara Kedua :


1.Masukkan CD/DVD ke DVD Room ataupun flashdisk yang sudah dijadikan bootable Windows sebelumnya.

2.Restart PC/laptop kemudian tekan tombol Delete atau F2 pada keyboard ,untuk masuk ke BIOS kemudian set First Boot Device ke CD Room atau USB flashdisk,kemudian simpan dan restart.

3.Pada saat masuk ke awal menu instalasi Windows,pilih Repair your computer,klik Next.

4.Buka Command Prompt ,kemudian ketikkan perintah di bawah :

                             Bootrec.exe /FixBoot  ,tekan Enter !

                             Bootrec.exe /FixMBR ,tekan Enter !

                             Bootrec.exe /RebuildBCD ,tekan Enter !

5.Kemudian restart atau hidupkan ulang PC/laptop anda.

Jika anda telah melakukan semua cara di atas tadi,namun masalah tersebut masih belum terselesaikan,anda bisa mencoba menginstall ulang sistem operasi/Windows anda.

Demikian tutorial saya kali ini mengenai Cara Mengatasi “BOOTMGR is  Missing” Di Windows ,semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi “BOOTMGR is Missing” Di Windows"

Post a Comment